Destinasi Wisata Danau Kelimutu

Destinasi Wisata Danau Kelimutu

Destinasi Wisata Danau Kelimutu

Destinasi Wisata Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu adalah tempat wisata yang memberikan pengalaman wisata seru yang menyenangkan. Berlokasi di Woloara, Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur Danamu ini di bagi menjadi 3 bagian sesuai warnanya.

Kawasan Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menarik. Mulai dari wisata pantainya serta kawasan pemandangan yang begitu menawan. Salah satu Tempat Wisata yang paling banyak di minati pecinta wisata adalah Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu yang memberikan pengalaman wisata seru dan menyenangkan.

Destinasi Wisata Danau Kelimutu

Bukan hanya populer sebagai tempat wisata di dalam negeri saja, namun Destinasi Wisata Danau Kelimutu juga menarik hati para wisatawan luar negeri.

Daya Tarik Danau Kelimutu :

1. Sang monyet penjaga dan tebing yang curam

Selain pemandangan tebing yang curam dan indah, anda juga akan merasa takjub dengan sosok penungu tebing di tempat wisata tersebut. Gerombolan monyet dengan bulu kecoklatan menjadi penunggu tebing yang berada di bibir tebing dan memenuhi ranting-ranting pohon.

2. Meleburnya budaya barat serta adat ketimuran

Perpaduan dari Indonesia – Mancanegara mengusung konsep ramah tamah. Acara lesehan merupakan budaya dari Indonesia sedangkan berdansa bersama adalah budaya mancanegara. Selain wisatawan dari dalam negeri, para wisatawan asing pun juga turut serta. Bahkan wisatawan asing pun juga mengikuti adat setempat dengan memakai atasan “Lawo Lambu” layaknya orang asli daerah Kelimutu.

3. Keindahan Danau “Tiwu Ata Polo” dan “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai”

Setelah menaiki semen sekitar 15 anak tangga maka anda akan menemukan dua dari tiga danau yang terdapat di kawasan wisata ini. Dua danau tersebut bernama “Tiwu Ata Polo” dan “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai”.

Tiwu Ata Polo terletak di sebelah kanan dan menghadap ke arah danau. Warna danau ini hitam pekat. Adapun danau yang terletak di bagian kiri adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang berwarna hijau tosca.

Kedua danau tersebut berdampingan dan dipisahkan dengan tebing berupa tembok pemisah. Tebing tersebut berbentuk cekungan dan penuh dengan bebatuan.

4. Pusat berkumpulnya para arwah “ Tiwu Ata Mbupu “

Objek yang menjadi daya tarik di Danau Tiga Warna ini adalah “Tiwu Ata Mbupu”. Danau ini sangat bening dan berwarna hijau tosca. Konon katanya, danau yang terpisah dengan danau yang lain ini merupakan tempat berkumpulnya para arwah orang tua yang sudah lebih dulu meninggal.

5. Mitos perubahan warna

Danau Kelimutu ini sering disebut dengan Danau Tiga Warna. Ketiga danau yang ada di kawasan wisata ini memiliki warna yang berbeda-beda dan dapat berubah setiap saat.

6. Tugu pelepas lelah

Perjalanan panjang menuju puncak Danau Kelimutu memang cukup melelahkan. Untuk melepas rasa lelah tersebut pengunjung dapat beristirahat sejenak dan bersantai di tugu puncak Kelimutu.

Tugu tersebut dikelilingi oleh beberapa anak tangga. Pengunjung dapat menikmati suasana santai sembari duduk bercengkrama bersama rombongan.

7. Festival memberi makanan pada leluhur “Pati Ka”

Setiap tahun tepat pada tanggal 14 Agustus diadakan sebuah festival unik di Danau Kelimutu. Menurut kepercayaan para masyarakat setempat agenda utama dalam acara tersebut adalah “Pati Ka” yang berarti memberi makan.

Pemberian makanan ini ditujukan kepada para leluhur yang ada di danau tersebut. Biasanya sesaji yang disuguhkan adalah daging babi atau dalam bahasa disana dinamakan “wawi” serta minuman beralkohol “moke” khas daerah Kelimutu.

Fasilitas Danau Kelimutu :

  • Area parkir
  • Tempat beristirahat/gazebo
  • Toilet
  • Spot foto menarik
  • Warung makan dan minum

Jam Buka dan Harga Tiket Danau Kelimutu :

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00

Harga tiket masuk 

  • Rp 5.000 untuk pengunjung domestik
  • Rp 15.000 untuk pengunjung mancanegara

Sumber : 

  • https://www.tempatwisata.pro/wisata/Danau-Kelimutu